Menu 

Civitas Akademika Unissula  Antusias Menghafal Qur’an

Monday, August 12th, 2019 | Dilihat : 54 kali
IMG_7358

Ustadz Qadar Ramdhani saat memberikan materi

Kamis (8/8), Qur,an learning center, LKPI Unissula mengadakan pelatihan menghafal Al-Qur’an dengan metode Al-Hufaz. dengan narasumber ustadz Qadar Ramdhani, yang merupakan tim penggagas metode Al-Hufaz  dari Bandung.

Metode Al-Hufaz adalah metode menghafal Al-Qur’an dengan mudah, yakni dengan fokus, rilek, dan berusaha memahami inti makna ayat, serta mengulang ulang membaca ayat yang sedang dihafalkan disertai gerakan dan pelibatan penglihatan dan pendengaran kita (memadukan 3 gaya belajar yakni visual, auditory dan kinestetik).

Pelatihan ini diselenggarakan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) lantai 10 yang diikuti 200 peserta yang terdiri dari para dosen, karyawan, istri-istri Karyawan dan mahasiswa Unissula dari berbagai fakultas. Ada sekitar 36 Dosen dan Karyawan yang hadir, sementara lainnya adalah mahasiswa dari berbagai tingkatan semester.

Pelatihan berlangsung selama 3 jam tersebut dibuka oleh kepala Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai-Nilai Islam (LKPI) Unissula, Dr H Ghofar Shidiq S Ag MAg. Dalam sambutan pembukanya, Ghofar sangat mengapresiasi terselenggaranya acara pelatihan.

“ Terima kasih kepada panitia pelaksana, acaranya suskses karena saya lihat banyak yang hadir. Dan saya dengan dari Panitia bahwa kuota pendaftaran sudah penuh hanya dalam waktu 2 hari sejak dibukanya pendaftaran” ungkap Ghofar

WhatsApp Image 2019-08-09 at 21.47.01

Sementara itu, Kepala bidang Qur’an Learning Center, Hidayatus Sholihah SPdI MPd  MEd, ketua panitia pada acara pelatihan ini menjelaskan bahwa ada beberapa  tujuan mengapa acara ini diadakan.

Pertama, untuk membekali civitas academi Unissula dengan skills atau keterampilan menghafal. Menghafal akan menjadi aktivitas yang berat jika kita tidak tahu ilmunya. Banyak orang yang menghafalkan Qur’an hanya berbekal dengan sekedar menghafal tanpa tau tekhniknya. Dengan pelatihan ini diharapkan peserta akan memiliki skill untuk menambah hafalannya.

Kedua, pelatihan ini bertujuan untuk mensukseskan salah satu program Qur’an learning center, yaitu program Unissula Menghafal Juz 30. Program Unissula menghafal adalah progran menghafal bagi seluruh civitas academi unissula dimana para dosen, karyawan dan mahasiswa unissula dapat menyetorkan hafalannya pada para asatidz hufadz setiap hari Senin, rabu, dan Jum’at dari jam 10.00 – 13.00. Diharapkan para peserta pelatihan yang tergabung dalam program ini dapat menyelesaikan hafalannya dengan baik.

Disamping itu Para civitas Unissula yang menjadi peserta dalam pelatihan ini diharapkan dapat mengikuti program UNISSULA menghafal pada periode berikutnya. Sehingga Program ini akan terus berlanjut dan berkesinambungan.

Demikian program pelatihan menghafal ini diadakan, harapannya dapat bermanfaat dan semakin mendorong para civitas Unissula untuk termotivasi menambah hafalan Qur’annya untuk kemudian memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

Related News