Menu 

BAPER COVID-19

Tuesday, June 30th, 2020 | Dilihat : 15 kali

(23) Sofa Shofiah

Semua orang adalah pahlawan, bukan hanya pahlawan yang sudah berdedikasi tinggi, berpakaian seragam, tetapi juga orang biasa pun dianggap sebagai pahlawan dalam negeri. Seperti halnya foto, dilihat dari sudut pandang arah mana pun pasti akan berbeda. Begitu pun kita sebagai orang biasa, dengan hanya mematuhi aturan selama masa pandemik dari Pemerintah untuk tetap berada di dalam rumah, mengikuti arahan serta protokol, selalu memakai masker dan rajin untuk mencuci tangan.

Hal ini mungkin terlihat sangat sederhana dibandingkan dengan cerita tokoh-tokoh pahlawan nasional yang berkorban sampai akhir hayat. Tetapi, dengan perilaku kecil seperti ini dapat menyelamatkan jutaan jiwa manusia agar bisa tetap sehat tanpa terpapar oleh virus. Kapan kita mau saling jaga?.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unissula angkatan 2018 sudah menyediakan wadah seputar informasi Covid-19 selama masa pandemi. Melalui akun Instagram @humanis_id. Akun yang sudah eksis dua bukan terakhir ini dikelola oleh enam anggota (Reynata dwi krisnawan, Sofa Sofiah, Shafira, Tika kartika K, Nilam Komalasari serta Anisa Fauzia), dengan menerapakan hastag #SalingJaga. Perlambang untuk sebuah aksi dalam membawa perubahan (BAPER) yang ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Beberapa postingan dari tim @humanis_id menuai komentar yang positif. Sebelum memulai untuk memposting informasi-informasi lain, tim humanis throwback tentang “apa sih itu Covid-19”? Hal ini ditanggapi oleh akun @indahsya_12 “Corona virus itu adalah virus ynag masih keluarga sama Sars, yang muncul pada bulan Desember 2019 makanya dinamakan covid-19, mudah-mudahan aja cepet selesai penyebarannya. Oiya min, tolong dong kasih tips-tipsnya biar kita semua teredukasi ga bandel lagi. Soalnya temen temenku banyak banget yang masih pada keluyuran karena bosan di rumah padahal aku sering banget ingetin mereka”

Cuitan komentar instagram di atas menaruh poin dimana kita harus beraksi dalam membawa perubahan. Karena kita semua harus terlibat dalam menghentikan virus ini. Dengan cara memahami semua masalah dari dasar dengan pikiran yang jernih, tidak bertindak egois serta saling jaga. Ini merupakan sebuah perwujudan toleransi antar sesama.

Jadi tunggu apa lagi? Satu aksi untuk sejuta perubahan bukan hanya untuk kamu tetapi untuk kita semua. Mari sama-sama untuk mengikuti aksi saling BAPER kepada semua orang, dan jadikan dirimu sebagai pahlawan.

*Sofa Sofiah, Mahasiswaa Ilmu Komunikasi angkatan 2018

Related News