Menu 

Akuntansi Unissula Dorong UMKM Perkuat Pemasaran Digital

Tuesday, September 1st, 2020 | Dilihat : 99 kali

(1) Akuntansi

Tim pengabdian masyarakat prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Unissula menyelenggarakan seminar online berfokus pada manajemen keuangan dan management pemasaran bagi UMKM di Kota Semarang (23/8). Mereka adalah Ahmad Rudi Yulianto SE MSi Ak, Wahyu Setiawan SE MEC, Judi Budiman SE MSc Akt CA dan Hani Werdi Apriyanti SE MSi Ak CA.

Ahmad Rudi Yulianto menjelaskan UMKM di Kota Semarang mengalamai beberapa persolan, diantaranya permasalahan dalam pengelolaan keuangan, dan pemasaran produk. Oleh Karena itu diperlukan pelatihan bagaimana mengelola keuangan dan pemasaran produk produk UMKM. “Harapanya dapat membantu meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan UMKM, serta memberikan ide baru terkait strategi pemasaran menggunakan digital marketing dengan memanfaatkan sosial media dan platform lainya. Untuk itu kami akan melakukan kegiatan pendampingan secara bertahap, dalam pengelolaan keuangan UMKM”, ungkap Rudi.

Narasumber lainnya Sukaton, pemilik Lumpia Mataram yang memiliki 19 cabang toko Oleh Oleh di Jawa Tengah menyatakan pentingnya prioritas UMKM. “UMKM menjadi salah satu sektor dalam bidang ekonomi yang perlu diprioritaskan, karena peran UMKM yang besar dalam mendukung stabilitas sistem keuangan nasional. Diperlukan berbagai upaya strategis baik melalui pendampingan maupun program program penguatan UMKM lainnya”, ungkapnya.

Sementara itu Wahyu Setiawan menyampaikan “UMKM harus memanfaatkan strategi pemasaran berbasis digital mengingat pada saat ini dunia bisnis digerakkan dalam mode daring. Sangat penting bagi UMKM untuk memperluas pemasaran menggunakan berbagai strategi pemasaran dengan memanfaatkan platform digital”, pungkasnya.

Related News